Wednesday, November 28, 2012

Si Kabayan

Abah : "Kabayan, batal solat teh atuh ari hitut mah!"
Kabayan : "Wah saur saha? Pan kuring mah solatna ge teu wudhu heula"
Abah : "Ih dasar si kasebelan! dibejaan teh nya!"

Ada banyak dongeng tentang kisah si Kabayan, tokoh fiktif yang oleh sebagian orang diyakini keberadaannya, (malahan ada makamnya), Bagaimanapun juga tetap yang pasti adalah si Kabayan adalah tokoh yang memiliki pengaruh kuat dalam mewarnai kebudayaan dan seni Sunda.
Kabayan telah melahirkan wejangan dan menyampaikan pesan moral disela guyonan ceritanya. Segi positif yang didapat sangat banyak, diantaranya menimbulkan ketertarikan bagi anak saat didongengkan cerita si Kabayan, sehingga pesan moral dapat dicerna dengan bahasa yang dipahami anak.

Kini si Kabayan mulai terkikis oleh tokoh cerita modern dari luar negeri namun di hati orang sunda si Kabayan tetap ada dan memiliki peranan penting dalam pendidikan moral khususnya pada usia kecil dan pra sekolah.
Semoga pelestarian seni dan budaya sunda tetap terjaga sehingga asset kita bersama ini dapat diwariskan bagi generasi penerus kita nanti.

foto sumber: http://www.myspace.com/529281476/photos/570798

No comments:

Post a Comment

Mahoni Leisure Pondok Mahoni Pamoyanan Sukaraja

Mahoni Leisure bisa di tempuh kurang lebih 10 menit dari terminal Sukaraja,tepat di depan perum Grand Sutra yang setiap harinya buka da...