Saturday, October 18, 2014

Gunung Gombong (Gombong National Park) Gegerbitung Sukabumi

Gunung Gombong, sebenarnya lebih tepat untuk disebut bukit besar yang berada di pegunungan antara perbatasan kabupaten cianjur dengan sukabumi, tepatnya di Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi. Dari pusat Kota Sukabumi berjarak kurang lebih 20km.
Topografisnya yang berbukit dan cukup tinggi menyajikan pemandangan alam yang indah ke arah Gunung Gede dan hamparan kota Sukabumi.

Menurut sejarah perkembangan Islam di daerah Jawa Barat, Gunung Gombong merupakan salah satu tempat "pamijahan", ada pula yang mengatakan bahwa di puncaknya terdapat area pemakaman Syekh Aulia Mahmud RA., namun sebagian lain mengatakan bahwa itu merupakan tempat beliau bertirakat mendekatkan diri kepada Sang Khalik.
Pada masa sebelum reformasi, yaitu era tahun 90'an, jika kita mendaki kesana akan disambut oleh banyak sekali monyet dan oa (masih satu kerabat primata) disertai kicauan burung saling bersahutan dan tupai yang berlompatan. Namun kini jarang sekali kita jumpai sambutan natural fauna disana, akibat kesadaran hukum yang kurang dan wibawa aparat yang menurun hingga berdampak pada sulitnya pengendalian dan perlindungan terhadap habitat mereka.
Walaupun bagaimana Gunung Gombong masih ada dan kewajiban kita untuk menjaganya, konservasi hutan termasuk pelestarisan flora dan fauna belum terlambat untuk lebih diperketat demi keberlangsungan pelestarian alam Gunung Gombong.
 
Gunung gombong sendiri memiliki beberapa mata air dan air terjun di dalam hutannya, disebelah bawah serta lerengnya dihiasi persawahan model trasering serta sebagian digunakan sebagai "huma" atau lahan menanam padi di pegunungan dengan pengairan minimal, karena iklim sekitarnya cukup sejuk dalam radius dibawah 1km.
Semoga generasi kita serta generasi penerus kita dapat membantu terwujudnya kelestarian lingkungan dan ekosistem di Gunung Gombong.

1 comment:

Mahoni Leisure Pondok Mahoni Pamoyanan Sukaraja

Mahoni Leisure bisa di tempuh kurang lebih 10 menit dari terminal Sukaraja,tepat di depan perum Grand Sutra yang setiap harinya buka da...